Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Pakai Dry Shampoo

Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Pakai Dry Shampoo
ISTOCK

Pernah menggunakan dry shampoo? Jangan asal pakai, kamu wajib tahu fungsi dari dry shampoo sebenarnya dan cara pemakaian yang tepat.

Sebagai salah satu ‘alat tempur’ wajib para perempuan (apalagi untuk kamu yang sibuk sampai tidak sempat keramas), dry shampoo sangat membantu untuk mendapatkan penampilan yang sempurna. Berbeda dengan sampo biasa, dry shampoo bisa digunakan tanpa harus membilasnya dengan air.

img

Kita ketahui dry shampoo memiliki dua jenis yang berbeda yaitu spray dan powder, namun tetap dengan fungsi yang sama yaitu untuk menyerap minyak berlebih pada rambut sehigga tidak membuat rambut lepek dan cepat kotor, serta untuk mempertahankan volume. Selain itu, tidak hanya untuk menjaga tatanan rambut dan membuat kita tidak perlu menghabiskan waktu dan energi lebih banyak, penggunaan dry shampoo juga bisa menjaga dari kerusakan akibat terlalu sering mencuci rambut. Lantas, bagaimana cara memakai dry shampoo yang tepat? Berikut tips-nya:

  • Hanya gunakan pada rambut yang kering:Dry shampoo hanya bekerja pada rambut kering. Jadi jangan coba-coba menyemprot atau menabur dry shampoo-mu ke rambut basah atau yang baru dicuci.
  • Jaga jarak: Bila menggunakan dry shampoo yang berbentuk spray, pastikan untuk menyemprot setidaknya 5 cm dari kulit kepala. Jika tidak, akan terlalu banyak cairan yang keluar dan rambut bisa kusut atau menggumpal.
  • The white spots are natural: Jangan panik jika melihat noda putih kecil pada awalnya. Biarkan sampo menyerap selama beberapa menit sebelum menata rambut, dan residu putihnya akan hilang dengan sendirinya. Jika masih ada yang terlihat, sisir rambut dengan perlahan.

img

  • Gunakan sedikit demi sedikit: Setelah memakai dry shampoo, periksa rambut untuk memastikan semua bagian sudah terkena. Jika belum, tambahkan lebih banyak, atau sisir rambut supaya sampo teraplikasikan dengan merata. Cobalah untuk tidak memakai secara berlebihan, karena dapat membuat rambut sulit ditata. Jika kamu kebetulan memakai terlalu banyak sampo di satu bagian, jangan khawatir. Cukup sisir dan biarkan sampo benar-benar kering dan terserap.
  • Jangan sentuh rambut: Jangan sekalipun, karena akan membuat pemakaian dry shampoo menjadi percuma. Minyak alami di ujung jari akan berpindah dan membuat rambut berminyak lagi.
  • Hindari bagian atas kepala: Jangan semprotkan sampo ke bagian atas kepala. Itu hanya akan membuat rambut lengket dan meninggalkan noda putih, dan tak akan menambah volume rambut. Aplikasikan dry shampoo pada helai rambut lapis demi lapis dan lakukan dari bawah (dekat akar rambut) tanpa mengenai kulit kepala.

Selanjutnya: Siapa yang hobi memisahkan putih telur dan kuning telur? Biasanya, yang kamu pilih untuk dikonsumsi hanya putihnya dan 'membuang' kuning telur begitu saja. Yang jadi pertanyaan adalah: Apakah memang seburuk itu kuning telur untuk dikonsumsi? Jawabannya ada di sini.