Pahami 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Pensiun

Pahami 4 Hal Ini Sebelum Memutuskan Pensiun
ISTIMEWA

Berniat untuk pensiun dini? Sebelum kamu memutuskannya, pahami empat hal ini dulu!

Berapa usiamu? Kapan harus pensiun? Ini adalah dua pertanyaan penting untuk dipertimbangkan saat kamu memutuskan untuk berhenti bekerja dan hidup menjadi orang ‘bebas’. Apalagi jika kamu memutuskan untuk pensiun dini, di mana kamu memiliki waktu lebih panjang. Tapi ada satu pertanyaan lagi yang harus kamu jawab: apakah kamu memiliki tabungan yang cukup untuk masa depanmu? Jangan sampai karena tidak memiliki tabungan dan kamu memutuskan untuk pensiun dini, hidupmu malah sengsara. Maka dari itu, sangat penting mengetahui kapan waktu yang tepat untuk memutuskan pensiun supaya kamu tahu kapan harus mulai menabung. Selain itu, berikut adalah 4 tanda bahwa sebenarnya kamu sudah siap untuk pensiun.

  • Bebas Utang

img

Kredit mobil dan rumah sudah lunas. Ditambah, semua pinjaman di bank juga sudah selesai. Yep, berarti sudah dipastikan kamu bebas dari utang. Karena semua hal tentang utang dapat memengaruhi kemampuanmu untuk menabung dan berinvestasi di masa depan. Jika kamu memasuki masa pensiun dengan utang, mereka dapat terus memengaruhi cara kamu untuk membelanjakannya. Namun jika utang yang kamu miliki sudah lunas, kamu bisa hidup aman di masa pensiun bahkan bisa memutuskan untuk pensiun dini.

  • Memperkirakan Kebutuhan Pensiun

img

Salah satu hal terbesar yang harus dipikirkan dari pensiun adalah saat kamu menyusun anggaran terlebih dahulu sehingga kamu tahu persis berapa banyak uang yang diperlukan untuk mempertahankan standar hidup. Meluangkan waktu untuk menghitung dana yang harus kamu habiskan setiap tahun dapat membantu kamu menentukan kapan harus pensiun dari pekerjaan.

  • Memiliki Rekening Pensiun

img

Memiliki rekening pensiun yang diuntungkan oleh pajak (seperti 401 (k) atau IRA) adalah cara yang bagus untuk menabung di masa depan. Karena penghasilan kamu akan tumbuh dan ditangguhkan dari waktu ke waktu. Setelah kamu pensiun, penarikan dari 401 (k) atau IRA akan dikenakan pajak penghasilan biasa, tetapi ada risiko: pensiun sebelum usia 59 berarti membayar penalti penarikan awal 10%. Memiliki uang yang dapat kamu akses tanpa memicu penalti penarikan lebih awal, baik di rekening tabungan, rekening giro berbunga, atau rekening pialang kena pajak, dapat membantu menghindari tagihan pajak yang meningkat. Bijaksana untuk memiliki beberapa aliran pendapatan pensiun jika kamu pensiun jauh sebelum usia 62 tahun, yang merupakan usia minimum di mana kamu dapat mulai mengklaim tunjangan jaminan sosial. Memastikan kamu memiliki penghasilan yang cukup dari sumber yang efisien pajak dapat membantu memastikan kamu tetap pensiun, daripada harus kembali bekerja lagi.

  • Memiliki Asuransi

img

Kesehatan memang sangat penting. Termasuk saat kamu pensiun. perawatan kesehatan dapat menjadi salah satu biaya pensiun terbesar seiring bertambahnya usia. Meskipun asuransi dapat membantu, namun semua itu tidak cukup, termasuk jika ada perawatan jangka panjang yang mahal. Jika kamu tidak yakin kapan harus pensiun, tanyakan pada dirimu: apakah kamu dapat mempertahankan pertanggungan asuransi kesehatan? Tidak memiliki asuransi kesehatan adalah pilihan lain, tetapi itu bisa menjadi rumit jika kamu terluka atau mengalami penyakit serius.

Selanjutnya: berikut ini adalah lima saran tentang cara mengatur masalah keuangan yang tidak efektif lagi untuk kehidupanmu.