Inilah Definisi Kulit Sehat Menurut Sang Ahli

Inilah Definisi Kulit Sehat Menurut Sang Ahli
ISTIMEWA

Banyak hal yang kita lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat, putih, dan cantik. Tapi apakah kulit kamu benar-benar sehat? Untuk mengetahuinya lebih lengkap, simak penjelasan sang ahli di bawah ini. 

Mungkin saat ini sebagaian besar waktu yang kita punya dipakai untuk melakukan perawatan kulit, khususnya kulit wajah. Segala macam treatment kita gunakan untuk memperbaiki kulit yang sebenarnya belum tentu tidak “sehat”. Memang, kita tidak pernah bisa melihat secara jelas dengan mata telanjang, apakah kulit ini sehat atau tidak? 

“Kulit yang sehat akan otomatis terlihat bersih dan bercahaya,” ujar dr. Armansjah Dara Sjahruddin, Sp.KK, M.Kes., seorang dermatologis yang ditemui Woop diacara peluncuran produk POISE, Rabu (27/03/2019).

Ia menambahkan, “sebenarnya, kulit yang sehat tidak melulu harus putih, yang paling penting itu adalah yang sehat dan terawat.”

img

Sebagai organ tubuh yang paling luar dan juga luas, kulit berfungsi sebagai pengatur tubuh, panca indera, dan melindungi tubuh dari radiasi dan radikal bebas yang menyerang. Sehingga memang sangat penting merawat kulit dengan benar.

Dari pengalamannya menangani banyak pasien yang memiliki masalah kulit, dr. Dara menyarankan untuk merawat kesehatan kulit, terutama dari sinar matahari. “Jangan pernah malas mencuci wajah dan memakai tabir surya/pelembap (apalagi jika kamu banyak menghabiskan waktu diluar ruangan). Pilihlah pelembap yang sesuai dengan jenis kulit. Satu lagi, jangan malas untuk rutin minum air putih. Itu juga bisa menjaga kelembapan kulitmu,” sarannya.

Tidak hanya itu saja, kita juga disarankan untuk selektif saat memilih produk perawatan kulit.

“Harus benar-benar teliti memilih produk perawatan kulit. Jangan lupa untuk melihat kandungan didalamnya: apakah ada kandungan bahan yang berbahaya (seperti merkuri) atau tidak. Jangan sampai bahan-bahan tersebut malah merusak kulitmu,” kata Dara.

Selanjutnya: Ingin mendapatkan kulit wajah yang glowing? Woop punya cara mudah untuk mendapatkannya. Baca selengkapnya di sini.