Tuesday, 13 November 2018

Ini Cara Menghilangkan Bau Mulut Sekali untuk Selamanya

img detail
ISTOCK

Tips mendeteksi jika kamu memiliki BM.

Minggu ini yang berhasil membuat Woop menangis terharu—dan ingin aktif berpartipasi adalah iklan supermarket tentang orang utan dan penggundulan hutan. 

Sementara, selama tiga bulan ini yang sukses memicu air mata keluar—sialnya bukan karena terharu—yakni setiap kali mengobrol dengan seorang kenalan yang bau nafasnya tidak tertahankan. Tidak ingin langsung menuduh kealpaannya dalam memegang pasta dan sikat gigi, Woop berpikir bahwa solusi terbaik adalah bertanya kepada ahlinya, siapa lagi kalau bukan dokter gigi.

“Bau mulut terjadi karena dua faktor,” ujar drg. Patria Legawa Anggadinata, seorang dokter gigi dari RS Intan Husada, Garut, Jawa Barat. “Yang pertama, karena adanya akumulasi bakteri pada rongga mulut. Hal ini diakibatkan oleh adanya sisa-sisa makanan yang tidak terbersihkan saat sikat gigi, di mana nantinya apabila dibiarkan bisa mengakibatkan pembentukan karang gigi dan gigi berlubang. Keduanya bisa menimbulkan kondisi bau mulut, atau sisa makanan yang dibiarkan menempel pada pasien yang menggunakan gigi tiruan. Yang kedua, karena adanya penyakit tukak lambung." 

Karang gigi—inilah yang bersumbangsih cukup besar dalam menguarkan bau tidak sedap dari mulut. Hal ini dikarenakan bakteri mengeluarkan bau yang tidak sedap pada saat ia mengeluarkan asam untuk merusak gigi. 

Sementara gigi berlubang pun akan menjadi faktor yang menimbulkan bau mulut. Jika dibiarkan membesar, lubang menjadi sisa gigi dan dari situ akan keluar bau menyengat. Iiuuhh.

"Jadi, pada dasarnya sumber utama penyebab bau mulut adalah sisa makanan yang tidak terbersihkan sehingga mengakibatkan akumulasi bakteri dan menciptakan asam dan bau mulut,” papar Dokter Patria.

Peliknya, ada banyak orang yang tidak sadar bahwa mereka sedang tidak mengeluarkan Chanel No 5, melainkan kanal aroma basi. Oh, oh, bukan hanya seorang yang kamu kenal, tapi mungkin mulutmu sendiri! Lantas, bagaimana cara agar kita tahu bahwa nafas/mulut kita bau?

“Sebetulnya sangat mudah mendeteksi bahwa kita mengalami bau mulut,” katanya.

Sungguh? (Mendengarkan dengan serius dan deg-degan). “Paling sederhana adalah dengan melihat kondisi mulut kita di kaca. Kita bisa lihat apakah ada keadaan seperti yang tadi disebutkan (gigi berlubang dan sisa makanan yang tidak terbersihkan) atau tidak. Jika sudah mengetahui kita bisa melakukan preventif atau kuratif (perawatan) ke dokter gigi terdekat,” sarannya.

Eitss... sebelum berdiri di depan kaca dan melihat gigi, ingat bahwa ada sisi optimisnya: “Bau mulut bisa dihilangkan selamanya. Itu pun selama faktor pemicunya bisa kita eliminasi. Dalam artian semua penyebabnya dituntaskan dan dibersihkan oleh dokter gigi.” Karang gigi dibersihkan, gigi berlubang ditambal dan sisa akar gigi akan dicabut oleh dokter. "Semua tindakan itu sebaiknya dilakukan segera," imbuhnya. 

Ah, syukurlah... 

Untuk menghindari mulut mengeluarkan bau neraka, Dokter Patria menyarankan untuk tidak malas sikat gigi (dua kali sehari), rutin ke dokter gigi (enam bulan sekali) untuk melakukan perawatan. Sedangkan dari sisi makanan, tidak ada makanan yang dilarang. "Tetapi yang harus diingat adalah pembersihan sisa makanan setelah makan dengan sikat gigi dan juga dental floss. Makanan asam, manis, dan lainnya diperbolehkan asalkan tidak berlebihan," katanya.

Oh, kembali ke situasi pelik di atas, bagaimana jika temanmu yang memiliki masalah bau mulut dan kamu ingin dia tahu? Pertama-tama, hadiahi voucher pembersihan karang gigi. Jika tidak mau terlalu pasif-agresif, kirimkan saja link artikel ini. 

Sekarang kamu sudah tahu tentang menghilangkan bau mulut. Selanjutnya, kamu harus tahu tentang vaginismus. Yep, informasi ini perlu diketahui oleh semua perempuan. 

 

 

MORE ARTICLES


MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR