6 Tren Kencan di Era 90-an Surat Cinta hingga Telepon di Wartel

6 Tren Kencan di Era 90-an Surat Cinta hingga Telepon di Wartel
iStock

Kamu mengalaminya? Jika iya, kamu pasti tahu tren kencan di era ’90-an yang sulit dilupakan.

Pada 1990-an, teknologi tidak seperti sekarang. Bahkan mungkin kamu masih tidak memiliki smartphone atau gadget yang bisa mendukung komunikasi saat pacaran. Jadi kamu masih menulis surat cinta hingga menelepon kekasih lewat warung telkom (wartel). 

Siapa di antara kamu yang mengalaminya? Jika kamu salah satunya, kamu pasti tahu enam tren kencan yang hits di era ’90-an. 

  • Surat Cinta

img

Pernah menulis surat cinta buat kekasih di masa lalu? Tidak apa-apa, itu romantis kok. Ini bukan sekadar surat yang menyampaikan pesan dari kekasih tercinta melainkan ungkapan isi hati terdalam.  Beberapa pasang kekasih bahkan terbawa emosi hingga meneteskan air mata. Surat cinta juga ditulis dalam segala bentuk dan ukuran. Ada yang menuliskan di kertas besar dan mencolok namun pasangan lainnya melipatknya menjadi kecil sampai dikira itu tiket parkir. Tidak seperti SMS atau chatting, surat cinta mengambil waktu sendiri spesial buat kekasih. Dan percayalah, semakin lama menunggu, semakin berbunga-bunga nantinya.

  • Kaset Cinta Buat Kekasih

img

Saat itu adalah waktu bermusik dengan pemutar kaset. Banyak orang membuat audio dari lagu favorit mereka, menempatkannya dalam kaset, dan menghadiahkannya kepada kekasih. Era 1990-an menjadi masa keemasan untuk kaset. Siapa yang peduli jika kamu tidak dapat membawa pacarmu langsung ke konser? Kamu akan lebih suka melakukan hal tradisional dan bermakna seperti mengirimkan ‘cinta’ lewat kaset. 

  • Telepon di Wartel

img

Tren kencan a la 1990-an melalui telepon umum atau wartel. JIka menelepon lewat telepon rumah maka bisa dimarahi orangtua karena tagihan membengkak. Tidak terjadi saat melakukannya melalui telepon umum atau wartel. Itu semua tergantung pada uang yang dibawa dalam saku mereka.

  • Backstreet dari Orangtua

img

Siapa yang dulu pacarannya suka backstreet atau sembungyi-sembunyi dari orangtua? Ini menjadi cara kencan yang ramai dilakukan di era 1990-an. Kenapa? Karena berbeda dengan orangtua sekarang yang lebih terbuka dan transparan, dulu orangtua bisa menjadi kelewat posesif. Ketika kamu diantar oleh teman pria langsung dicurigakan. 

Perasaan khawatir tersebut membuat banyak pasangan muda suka pacaran sembunyi-sembunyi dari orangtua mereka. Bahkan berkencan tanpa diketahui orangtua diperlukan keahlian khusus yang hanya bisa dilakukan anak ’90-an.

  • Janjian di Warung

img

Siapa yang suka janjian di warung atau toko makanan? Dulu untuk bisa janjian tidak semudah sekarang yang hanya tinggal ketik Whatsapp. Alih-alih izin membeli makanan di luar, sebenarnya kamu mau bertemu kekasih. Jadi kalau tiba-tiba ketahuan orangtua, kamu punya alasan untuk mengelak. 

  • Kencan Ditemani Teman

img

Persahabatan perempuan zaman dulu begitu kental. Seolah-olah; ‘kalau kamu mencintaiku, cintai sahabatku juga’. Setidaknya itulah yang diikuti kebanyakan anak muda dari tahun ’90-an. Dalam keadaan apa pun, seseorang tidak dapat menyinggung sahabat karib pacarnya karena dia adalah sekutu yang akan membawa surat cinta atau menemani sepasang kekasih berkencan. Beberapa perempuan rela kencan ‘bertiga’ karena itu menajdi cara termudah bagi seorang gadis untuk menyelinap keluar rumah ditemani oleh sahabatnya.

Selanjutnya: benarkan perempuan malas berhubungan seks kalau perutnya lapar? Cari tahu jawabannya di sini