6 Topik 'Tabu' yang Tidak Boleh Kamu Bicarakan di Tempat kerja

6 Topik Tabu yang Tidak Boleh Kamu Bicarakan di Tempat kerja
ISTOCK

Tidak semua hal bisa dibicarakan ketika berada di lingkungan kantor, bahkan dengan teman terdekat kamu sendiri. Meski begitu keenam topik 'tabu' ini masih bisa kamu bicarakan dengan teman terdekatmu. Tapi harus menyampaikannya dengan tepat ya!

Ternyata hal-hal yang dianggap ‘tabu’ sebenarnya masih bisa kamu bicarakan dengan rekan kerjamu. Dengan membahasnya, kamu bisa agar memperkuat hubungan dengan rekan kerja, meredakan rasa penat dan lebih terbuka dengan pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Wah! Tapi topik seperti apa yang harus dibicarakan?

  • GAJI

Membahas gaji dengan rekan kerja? Sangat tidak disarankan sebenarnya. Namun tidak selamanya kamu harus bungkam terhadap jumlah gaji yang kamu dapatkan. Jika kamu memang ingin membicarakannya, cobalah untuk membuka pembicaraan secara perlahan (dan pilihlah teman kerja yang sudah kamu percaya). Hindari pemilihan kata yang dapat menyinggung.

  • KEHAMILAN DAN CUTI HAMIL

Ternyata topik kahamilan dan cuti hamil itu tidak boleh dibicarakan dilingkungan tempat kerja. Tapi setiap perusahaan pasti memiliki ketentuan sendiri menegnai cuti kehamilan. Untuk itu, ada baiknya kamu bertanya langsung pada yang sudah berpengalaman, dan kamu bisa meminta saran kepada mereka tentang bagaimana tentang pembagian pekerjaan selama kamu mengambil cuti hamil, serta agar lebih nyaman saat harus menghadapinya kelak.

  • PELECEHAN SEKSUAL

Menjadi topik yang sensitif, tapi kamu harus berani membicarakannya. Meski hal ini sangat privasi, dengan mengangkat suara, kamu bisa melindungi perempuan lain dari musibah yang sama. Hal ini juga bisa mengurangi depresi yang selama ini kamu alami.

  • BEBAN KERJA

Ini yang dirasakan oleh semua orang. Membahas beban kerja dengan temanmu adalah hal penting. Karena akan mendapatkan solusi terbaik dan kamu bisa sedikit lega. Jelaskan secara spesifik hal apa yang membebani kamu dalam pekerjaan.

  • POLITIK

Topik yang sedang ‘panas’ untuk dibicarakan. Ada saja argumen berbeda yang bisa membuatmu sakit kepala dan hanya membuang waktu saja. Meski politik dapat menjadi pengaruh yang besar terhadap bagaimana seseorang diperlakukan dalam sebuah pekerjaan, namun masih ada beberapa topik masih layak untuk diperbincangkan (jika ruang lingkup tak mendukung untuk membahas politik). Sementara itu, jika kamu dan rekan kerja saling memahami pendapat politik satu sama lain, dan bisa memberikan ide kreatif terkait isu-isu politik, buatlah topik ini menjadi obrolan yang berfaedah.

  • MASALAH PRIBADI

Masalah pribadi adalah privacy milikmu. Jangan pernah membicarakannya di depan orang, karena akan menimbulkan banyak gosip. Jadi pintar-pintarlah memilih topik yang mau dibicarakan dengan teman kerjaanmu.

Selanjutnya: eh, apakah benar karena uang banyak orang berubah haluan menjadi content creator?