Monday, 04 February 2019

10 Buah yang Baik untuk Kesehatan Kulit

img detail
ISTOCK

Kesehatan kulit memang harus dijaga. Oleh sebab itu, Woop menyarankan kamu mengonsumsi kesepuluh buah-buahan terbaik untuk kesehatan kulitmu. Apa saja itu? 

Tidak ada yang menolak diberikan kulit sehat, bersih, glowing, dan mulus bebas jerawat. Oleh sebab itu, banyak perempuan yang merogoh kantongnya untuk melakukan perawatan kulit. Namun terkadang berbagai skincare tidak cukup untuk membuat kulit sehat dan glowing. Tentunya, kamu perlu merawat dan menutrisi kulit dari dalam dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain sayur, buah juga menjadi makanan penting yang baik untuk menutrisi kulit. Lantas, buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi?

ALPUKAT

Yep, bukan hanya baik untuk kehidupan seks saja. Buah yang masuk dalam golongan superfood ini memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk kulit. Buah yang kaya akan serat, folat, vitamin A, C, E, K, B6 dan antioksidan, plus, kandungan lutein dan zeaxanthin ini dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Sedangkan lemak pada alpukat juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit, mengurangi inflamasi, dan mempercepat penyembuhan luka. Luar biasa!

LEMON

Banyak yang bilang bahwa lemon memang baik untuk kulit. Ternyata itu benar. Jika kamu memiliki bekasi jerawat atau pigmentasi kulit yang tidak rata, lemon berfungsi menjadi bleaching agent yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon juga dapat membuang toksin dan melindungi kulit dari hiperpigmentasi. Minumlah air lemon setiap pagi sebelum sarapan untuk membersihkan tubuh dari toksin, atau campurkan 1 sendok makan sari lemon dengan 1 sendok teh susu putih untuk dioles di bagian bawah mata sebagai perawatan kantung mata hitam.

PEPAYA

Selain baik untuk pencernaan, buah pepaya juga kaya akan enzim papain dan chymopapain yang bisa mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Buah pepaya juga banyak mengandung vitamin A, B, C, dan mineral seperti potasium dan magnesium yang bisa mempercantik kulit.

DELIMA

Buah yang cukup mahal ini sangat berguna untuk merawat kulit. Dengan kandungan vitamin C, K, folat, dan mineral seperti kalsium, magnesium pada delima bisa memperlancar regenerasi kulit. Bahkan, kulit dan biji buah delima diperkaya dengan antioksidan berupa ellagic acid yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB.

SEMANGKA

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, semangka bisa membantumu menghilangkannya. Buah ‘berair’ ini diperkaya dengan serat, vitamin A, C, B1, B6, carotenoid, flavonoid, dan lycopene yang bisa mencegah kerusakan kulit.

KIWI

Siapa yang memiliki mata panda? Yep, ada baiknya kamu untuk mengonsumsi buah kiwi. Dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi, buah kiwi bisa melindungi kulit dari radikal bebas yang merusak DNA, dan juga melancarkan sintesis kolagen dan mencegah keriput.

PISANG

Ah, buah kuning ini.. selalu berguna untuk hal apapun. Seperti, pisang dapat menyembuhkan bekas jerawat dan merupakan pelembap alami yang mengandung antioksidan.

TIMUN

Sama seperti semangka, timun juga memiliki kandungan air yang banyak. Selain itu, timun memiliki antioksidan dan kaya dengan vitamin C, K, dan serat dapat mencerahkan kulit dan mengurangi garis halus pada wajah. Amazing!

APEL

Dengan vitamin A, C, serat, potasium, kalsium, dan magnesium, apel bisa mencegah radikal bebas dan kulitnya juga bisa memperkaya tubuh dengan antioksidan.

MANGGA

Buah yang kaya dengan serat ini dapat melindungi kulit dari inflamasi, konstipasi, dan kerusakan DNA (berkat vitamin A, E, C, K, flavonoid dan beta carotene di dalamnya).

Selanjutnya: Bukan hanya kulit wajah saja yang harus dirawat dengan baik, kulit kepala juga wajib dibersihkan dan dirawat. Salah satunya adalah dengan cara keramas. Yang menjadi pertanyaan: berapa kali kita harus keramas? Jawabannya ada disini


MORE ARTICLES


POPULAR ARTICLES
MORE CAREER
MORE TRAVEL
MORE INTERVIEW
MORE BEAUTY & STYLE
MORE MONEY
MORE HEALTH
MORE RELATIONSHIP
MORE HOUSE DECOR